Pentingnya Komunikasi

Istilah komunikasi berasal dari bahasa Inggris (communication). Secara etimologis, berasal dari bahasa Latin (communicates). Perkataan ini bersumber pada kata communis. Kata communis memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’, yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Komunikasi secara terminologis merupakan adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Merujuk pada pengertian ini, yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia.

Komunikasi menjadi salah satu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Tanpa komunikasi, manusia tidak dapat melaksanakan kegiatannya dengan sempurna. Hampir, bahkan semua kegiatan yang dilakukan manusia harus didahulukan dengan komunikasi. Bisa kita bayangkan bila dunia ini tanpa komunikasi. Dunia ini akan sepi, bahkan kacau balau karena seluruh kegiatan yang dilakukan manusia tidak terorganisasi dengan baik.

Salah satu contoh pentingnya komunikasi dalam kehidupan manusia adalah di dunia pendidikan. Jika seorang guru tidak berkomunikasi dengan muridnya, bagaimana murid bisa tahu ilmu yang akan disampaikan. Bisa saja si murid mengetahui ilmu itu dari sumber lain, misalnya buku, tapi alangkah lebih sempurnanya jika ilmu itu bisa dikomunikasikan dengan baik oleh guru.

Contoh lain adalah di dunia transportasi. Ketika seorang pilot ingin mendaratkan pesawatnya, ia harus berkomunikasi dengan menara pengawas yang ada di bandara tujuannya agar bisa mendarat dengan aman dan sempurna. Bisa dibayangkan jika pilot tidak melakukan komunikasi dengan menara pengawas bandara. Bisa saja pesawat menabrak pesawat lain. Atau ketika seorang masinis ingin lewat disalah satu pintu perlintasan kereta api. Ketika itu, masinis harus berkomunikasi dengan penjaga pintu perlintasan agar tidak ada satu pun kendaraan atau orang yang lewat. Jika hal itu tidak dilakukan, banyak korban yang akan berjatuhan.

Oleh karena itu, komunikasi sangat penting di kehidupan kita. Karena komunikasi membantu kita menjalankan tugas dengan baik dan sempurna. Dengan kata lain, komunikasi adalah salah satu bagian terpenting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sampai kapan pun.

0 komentar:

Posting Komentar