Bentuk-Bentuk Pasar

Pasar adalah salah satu pusat perekonomian di Indonesia. Di sinilah terjadinya proses jual dan beli barang-barang kebutuhan hidup sehari-hari. Mungkin kita tidak sadar ternyata ada banyak bentuk pasar yang ada di sekitar kita. Berikut ini beberapa bentuk pasar yang ada di Indonesia:






1.      Pasar Persaingan Sempurna
Pasar ini mempunyai jumlah produsen dan konsumen yang sangat banyak. Selain itu, jenis barang yang dijual cenderung sama atau mirip. Harga barang yang dijual di pasar ini ditentukan dengan mekanisme tawar menawar sehingga pedagang sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata. Namun pasar ini sangat sensitif terhadap perubahan harga.

2.      Pasar Monopilistik
Jenis pasar ini mirip dengan pasar persaingan sempurna. Pasar ini mempunyai jumlah produsen atau penjual yang banyak dengan produk yang sama atau sejenis. Akan tetapi, konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu dengan yang lain. Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan untuk merubah harga barang yang dijual. Untuk unggul dalam pasar ini, diperlukan strategi khusus yang tentunya berbeda antara produsen yang satu dengan produsen yang lain.

3.      Pasar Oligopoli
Pasar ini didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam suatu wilayah atau area. Harga produk yang dijual dalam pasar ini relatif sama. Produk yang unggul dengan kualitas bagus akan menjadi kunci sukses produsen atau penjual di pasar ini.

4.      Pasar Monopoli
Pasar ini mempunyai satu produsen atau penjual. Tentunya tidak butuh strategi khusus untuk menjual barang pada pasar ini. Umumnya pasar ini dikuasai oleh pemerintah yang ditujukan untuk kepentingan orang banyak. Akan tetapi, hanya ada satu alternatif pilihan barang tanpa adanya pilihan barang lain.

0 komentar:

Posting Komentar