Seandainya Seluruh Dunia Ini Sudah Terkomputerisasi, Apa yang Akan Dilakukan Manusia?

Bisa ngebayangin gak? Wahh.. Pasti seru banget tuh kalau seluruh dunia ini sudah terkomputerisasi. Gak usah repot. Hanya dengan duduk manis di depan komputer dan “mengotak-atik” programnya, kita bisa mengendalikan lingkungan di sekitar kita.
Setiap hal pasti mempunyai dampak positif dan negatif. Menurut saya, dampak positif dari terkomputerisasi dunia ini adalah manusia bisa lebih menghemat waktu dan tenaga dalam bekerja. Misalnya, kita mengerjakan suatu pekerjaan selama 5 jam dan membutuhkan tenaga yang banyak, dengan bantuan komputer suatu pekerjaan dapat selesai dalam kurun waktu kurang dari 5 jam. Kita tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Hanya dengan menjalankan program yang terkait pada komputer, pekerjaan yang kita kehendaki dapat selesai.
Akan tetapi, terdapat dampak negatif dari dunia ini yang terkomputerisasi. Diantaranya adalah manusia menjadi malas bahkan ketergantungan pada komputer. Manusia jadi malas untuk berkreasi sendiri, karena menganggap komputer jauh lebih mudah dan praktis. Selain itu, lapangan pekerjaan bagi manusia juga lebih berkurang. Misalnya, dengan mengandalkan tenaga manusia, sebuah pabrik membutuhkan 5 orang untuk memproduksi suatu barang. Akan tetapi, jika sebuah pabrik mengandalkan komputer/mesin dalam produksinya, pabrik itu hanya memerlukan sedikit orang untuk bekerja di sana. Orang-orang tersebut hanya bertugas mengoperasikan komputer/mesin yang digunakan dalam produsi. Bisa kita bayangkan, jika sebuah pabrik yang normalnya mempekerjakan 1000 orang, tapi hanya mempekerjakan 500 orang bahkan kurang dari itu. Bagaimana tingkat pengangguran di Indonesia? Pasti akan jauh meningkat..

0 komentar:

Posting Komentar